Sosialisasi Pelayanan Pendaftaran KTP Digital dari Kantor Didukcapil Kab. Karanganyar

ptsponline

Sosialisasi Pelayanan Pendaftaran KTP Digital dari Kantor Didukcapil Kab. Karanganyar

02 Mar

Karanganyar, 6 Januari 2023. Pengadilan Negeri Karanganyar bersama Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil mengadakan sosialisasi pelayanan KTP Digital. Seluruh pegawai Pengadilan Negeri Karanganyar ikut mendaftar KTP Digital ini, dengan memakai HP android kita tidak perlu memakai KTP kedepanya. Petugas dari Disdukcapil membantu untuk mendaftarkan KTP Digital ini di Ruang Sidang Utama. Untuk kedepanya kita tidak perlu memakai KTP elektronik lagi sehingga berbagai pelayanan dengan KTP, kita sudah bisa menggunakan KTP Digital di HP Android masing-masing. Untuk bisa masuk dan mengakses KTP Digital, nantinya akan diperlukan sejumlah langkah verifikasi untuk menjamin keamanan data di dalamnya. 

Perbedaan KTP-El dan KTP Digital
Dan berikut ini adalah sejumlah perbedaan mendasar antara KTP-El dengan KTP Digital.

Bentuk kartu

Dari bentuk fisiknya, KTP-El Berbentuk kartu yang bisa dipegang, sementara KTP Digital bentuknya berupa gambar KTP dan kode respons cepat atau quick respons (QR) Code. 
Penerbitannya

KTP-El perlu dicetak oleh Dinas Dukcapil setelah diajukan oleh penduduk dan penduduk merekam identitas dirinya. Sementara KTP Digital tidak memerlukannya, karena keberadaannya sudah terdapat di masing-masing ponsel penduduk.

Lokasi penyimpanan
Perbedaan bentuk kemudian mempengaruhi cara penyimpanannya. KTP-El biasa disimpan di dalam dompet atau penyimpan kartu. Namun hal itu tidak berlaku untuk KTP Digital yang penyimpannya di dalam handphone.

Akses
Perbedaan mencolok adalah pada cara aksesnya. Jika KTP-El bisa langsung kita ambil dan lihat datanya secara langsung tanpa membutuhkan koneksi internet, maka KTP Digital membutuhkan koneksi internet untuk bisa mengakses di dalam handphone kita.

Kemudahan
Perbedaan terakhir bisa dilihat dari aspek kemudahan penggunannya. Dengan KTP-El, masyarakat masih sering dibuat kesal lantaran diminta untuk memfotokopinya saat akan mengurus berbagai hal. Nah, fotokopi KTP tidak lagi berlaku ketika KTP yang dimiliki penduduk sudah berbentuk digital.

KTP_Digital_5.JPGKTP_Digital_1.JPGKTP_Digital_2.JPGKTP_Digital_3.JPGKTP_Digital_4.JPG