Rapat Bulanan Bulan November 2018

07 Nov

Pada hari Rabu tanggal 07 November 2018 bertempat di Ruang Sidang Timur Pengadilan Negeri Karanganyar Kelas II telah dilaksanakan kegiatan rutin Rapat Bulanan untuk periode bulan November 2018. Acara tersebut dipimpin oleh Bapak Ketua Pengadilan Negeri Karanganyar yaitu Bapak Mujiono, SH., MH. , dimoderatori oleh Bapak Yustinus Agus S., SH. dan didampingi oleh Panitera serta diikuti oleh para Hakim dan para Pejabat Kepaniteraan, Kesekretariatan serta seluruh Pegawai dan Honorer Pengadilan Negeri Karanganyar.

Rapat bulanan ini bertujuan sebagai sarana kontrol atas sejauh mana pencapaian kinerja bulanan dan berbagai kendala yang dihadapi pada bagian masing-masing baik bagian Kepaniteraan maupun bagian Kesekretariatan serta hal-hal lain yang berhubungan dengan orientasi pelayanan pada Pengadilan Negeri Karanganyar.

IMG 8135

IMG 8124

IMG 8126

IMG 8137

SEGENAP KELUARGA BESAR PENGADILAN NEGERI KARANGANYAR BERDUKA CITA

31 Okt

PN Pita Hitam 

INNALILLAHI WA INNAILAIHI ROJI'UN

SEGENAP KELUARGA BESAR PENGADILAN NEGERI KARANGANYAR MENGUCAPKAN TURUT BERDUKA CITA ATAS MUSIBAH JATUHNYA PESAWAT LION AIR JT 610 DI PERAIRAN TANJUNG KARANG, TANGGAL 29-10-2018

 

Anggota IKAHI yang tercatat sebagai penumpang adalah :

  1.  Kartika Ayuningtyas Upik, Hakim Tinggi Bangka Belitung
  2.  Hasnawati, Hakim Tinggi Bangka Belitung
  3.  Rijal Mahdi, Hakim Tinggi PTA Bangka Belitung
  4.  Ikhsan Riyadi, Hakim PN Koba 

KETUA MAHKAMAH AGUNG RESMIKAN 85 PENGADILAN BARU DI KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD

22 Okt

Dalam rangka mendekatkan pelayanan pengadilan kepada masyarakat pencari keadilan (Justicia Bellen), Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H. meresmikan operasional 85 (delapan puluh lima) Pengadilan baru di seluruh Indonesia, pada hari ini, Senin 22 Oktober 2018 di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara. 85 Pengadilan baru tersebut terdiri dari 3 (tiga) badan peradilan yaitu 30 (tiga puluh) Pengadilan Negeri, 50 (lima puluh) Pengadilan Agama dan 3 (tiga) Mahkamah Syar'iyah serta 2 (dua) Pengadilan Tata Usaha Negara. Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama yang baru dibentuk tersebar di seluruh pelosok Indonesia dan berada di ibukota kabupaten dan kotamadya, sementara Pengadilan Tata Usaha Negara berada di ibukota Provinsi.
Dibentuknya Pengadilan baru, maka daerah-daerah yang awalnya secara geografis berada sangat jauh dari Kantor Pengadilan karena berada diwilayah Ibukota Kabupaten yang dimekarkan sehingga menyulitkan masyarakat pencari keadilan, saat ini sudah tidak lagi menjadi kendala utama. Selain itu masyarakat tidak lagi mengeluarkan biaya yang besar untuk menuju ke Pengadilan dan waktu tempuh juga relatif singkat.
Pemilihan Kabupaten Talaud sebagai lokasi peresmian Pengadilan baru merupakan bentuk perhatian dan apresiasi pimpinan Mahkamah Agung terhadap Pengadilan - Pengadilan yang berada di wilayah pelosok dan pulau terluar di Indonesia. Kabupaten Kepulauan Talaud terletak disebelah utara Pulau Sulawesi dan wilayah paling utara Indonesia timur serta berbatasan langsung dengan daerah Davao del Sur, Filipina. Selain dihadiri Ketua Mahkamah Agung RI, acara peresmian tersebut dihadiri oleh beberapa orang Hakim Agung, Sekretaris Mahkamah Agung, Pejabat Eselon Satu di lingkungan Mahkamah Agung dan para pimpinan Pengadilan yang baru diresmikan.
Sesuai arahan Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung dalam berbagai kesempatan, peresmian 85 (delapan puluh lima) Pengadilan baru merupakan langkah strategis sekaligus untuk perhatian dari pemerintah (eksekutif) dan Mahkamah Agung (yudikatif) dalam rangka memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Meskipun dengan segala keterbatasan anggaran, sarana dan prasarana serta Sumber Daya Manusia (SDM), seluruh Pengadilan yang baru dibentuk harus memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat di daerah, sembari Mahkamah Agung terus berupaya untuk mengajukan anggaran untuk pembangunan kantor Pengadilan secara bertahap.

(Sumber: Press Release Mahkamah Agung RI)

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-90 Tahun 2018

29 Okt

Senin, tanggal 29 Oktober 2018 tepat pukul 08.00 WIB, Pengadilan Negeri Karanganyar melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 90 Tahun 2018 bertempat di halaman kantor Pengadilan Negeri Karanganyar.

Upacara Bendera dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Karanganyar Bapak MUJIONO, S.H., M.H dan peserta upacara adalah para Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional, seluruh pegawai, dan seluruh Honorer pada Pengadilan Negeri Karanganyar.

IMG 8029 IMG 8034

IMG 8037

IMG 8051

Ketua Pengadilan Negeri Karanganyar dalam sambutannya membacakan amanat dari Menteri Pemuda dan Olahraga  dengan tema “BANGUN PEMUDA, SATUKAN INDONESIA”. Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik INdonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia”
 
SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA KE-90. Semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa, dan jasa para pahlawan kita. Semoga Allah Swt-Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa melimpahkan rahmat dan ridho-Nya kepada kita semua.
 
Ayo… BANGUN PEMUDA, SATUKAN INDONESIA!
 
IMG 8058 IMG 8073
IMG 8082
 

NONTON BERSAMA PERESMIAN OPERASIONAL 85 PENGADILAN BARU DI MELONGUANE, KAB. KEPULAUAN TALAUD

22 Okt

Pada Hari ini, Senin, 22 Oktober 2018, Pengadilan Negeri Karanganyar mengadakan acara nonton bersama Peresmian Operasional 85 Pengadilan Baru oleh Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI di Melonguane, Kabupaten Talaud, Prov. Sulawesi Utara melalui chanel mahkamahagung live di Youtube. Acara Nonton Bersama ini di laksanakan di Ruang Rapat Pengadilan Negeri Karanganyar dan diikuti oleh Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional dan Staf Pengadilan Tinggi Jawa Tengah. Acara ini dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 9 Tahun 2018 tentang Publikasi Peresmian Operasional Pengadilan Baru.

IMG 7998

IMG 7996

IMG 7990